England U21 - bola-dunia.com

FA Inggris Tuai Kecaman

Buntut dari kegagalan tim nasional Inggris pada pertandingan Piala Eropa U-21 3013 menuai kecaman dan kritikan dari publik. Banyak sekali respon negatif yang muncul dari hal tersebut, banyak sekali publik yang mengecam FA yang tidak memberikan dan memainkan 17 pemain untuk ikut serta membela tim The Young Lions tersebut. Orang yang paling dirugikan pada saat itu adalah Stuart Pearce, pelatih dari tim nasional U-21 yang nasibnya sekarang berada di ujung tanduk, entah seperti apakah nasib sang pelatih tersebut. Dan hal ironis pun terjadu dari pihan FA yang mengatakan bahwa pihaknya tidak menyesali apapun keputusan yang telah dibuat. Memang tim Inggris saat ini sudah terlontar karena dua kekalahan yaitu ketika melawan tim italia dan juga Norwegia.England U21 - bola-dunia.com

Ada kritik yang paling pedas dilontarkan tidak lain dan tidak bukan besasal dari mantan pelatih tim Inggris sendiri yaitu Graham Taylor. Mantan pelatih tersebut mnengatakan bahwa ada yang salah dalam pengaturan pengelolaan kompetisi domestik. Di liga Primer, dan diutamankan pada klub besar, mereka lebih mengutamakan para pemain asing dibandingkan dengan bibit local yang sebenarnya tidak kalah jika dibandingkan. Taylor mengatakah bahwa uang mengalahkan segalanya, liga Primer sekarang sukses dengan komersialnya tetapi sangat mengorbankan para pemain lokal. Dia juga mengatakan liga Primer telah menghancurkan tim nasional Inggris. Sekarang ini banyak sekali tim-tim sepak bola besarĀ  di Inggris yang sedang membidik para pemain dunia, bukan melainkan merekrut para pemain lokal dari negeri sendiri. Berita Piala Dunia

Semua perkataan Taylor seakan-akan didukung oleh CIES Football Observatory, yang mengatakan bahwa hanya sekitar 35 persen pemain local Inggris dibawah 21 tahun yang ikut bermain di liga Primer musim lalu. Dan hasil terendah dengan hanya 30 persen pemain elite di liga Primer yang dipanggil ke tim nasional, dikatakan oleh presiden FA David Bernstein. Sungguh sangat miris hal tersebut terjadi, padahal masih banyak bibit-bibit muda berkualitas sama dengan para pemain terbaik dunia saat ini. Jika para bibit-bibit muda tersebut dirangkul dan diberikan pelatiha yang maksimal, tentu hal tesebut akan sangat menguntungkan bagi pemain itu sendiri maupun tim di Inggris yang membutuhkan para pemain yang berkualitas tetapi masih dari local.

Dan hal yagn tidak kalah ironis FA terlihat menyepelekan Piala Eropa U-21. Satu bulan sebelum berangkat ke Israel, Pearce mendapatkan intruksi untuk tidak memanggil beberapa pemain seperti Alex Oxlade-Chamberlain (OX), ada juga Phil Jones, Danny Wellbeck dan juga Jack Rodwell yang tidak diajak untuk membela tim nasional di ajang Piala Eropa U-21. Ketiga pemain tersebut lebih di konsentrasikan untuk membantu The Three Lions untuk lolos ke Piala Dunia 2014. Dan apa hasil yang didapatkan? Yang ada hanyalanya rasa frustasi dari Pearce yang tidak bisa memberikan yang terbaik bagi tim nasional Inggris, pearce mengaku sangat frustasi akan hal ini, padahal dia sangat meyakini jika tim singa muda dapat berkata banyak ketika pulang dari Israel nantinya, tetapi hasil yang nsangat berbeda hanya didapatkan oleh Pearce. Pearce mengatakan bahwa OX seharusnya ikut bersama dia dam mendapatkan pengalaman di pertandingan ini, dia juga sangat menyesalkan jika 17 bintang Inggris lainnya ikut bersamadia, mungkin hasil yang didapat tidak akan seperti ini.

Dari hal seperti itu, masa depan Pearce dipertaruhkan, kabar yang berhembus mengatakan bahwa FA akan menevaluasi kinerja Pearce ketika Wilfried Zaha sertra rekan lainnya kembali dari Israel. FA tidak akan mengabil keputusan dengan tergesa-gesa dan keputusan tersebut akan diambil nanti setelah semua ini selesai.